Senin, 18 Oktober 2010

TRIK-TRIK MENCEGAH JERAWAT

Wajah berjerawat adalah masalah yang seringkali dihadapi remaja. Di masa pubertas, jerawat remaja ini lebih terkait dengan masalah hormonal yang mulai aktif. Namun, tidak sedikit juga orang dewasa yang masih kebingungan mengurusi jerawat. Berbagai cara diupayakan, tapi jerawat tetap membandel.

Apa yang sebaiknya dilakukan jika wajah masih saja diganggu jerawat? Ada yang takut menggunakan pelembab, ada pula yang jadi maniak membersihkan kulit muka, dan banyak perlakuan lain yang sebetulnya salah dan bisa memperparah jerawat yang ada.

Berbagai tindakan yang keliru tersebut mungkin sering Anda lakukan, dengan harapan jerawat akan teratasi dan kulit wajah menjadi lebih menawan. Coba ikuti trik-trik cantik berikut, supaya Anda bisa memperlakukan kulit wajah dengan lebih baik, dan hasilnya pun lebih memuaskan hati.

1. Pembersihan berlebihan.
Tidak rutin membersihkan wajah memang tidak baik, tapi membersihkan secara berlebihan juga bisa memperparah produksi minyak di kulit. Akibatnya jerawat yang sudah ada malah bertambah parah.

2. Scrub terlalu kasar.
Melakukan scrub wajah tiga kali seminggu dapat membersihkan kulit dari racun, sebum, dan bakteri. Masalahnya, tidak semua scrub bagus untuk kulit berjerawat yang sensitif. Scrub yang terlalu kasar akan menghilangkan lapisan pelindung kulit. Ini justru membuat kulit jadi rentan berjerawat. Pilih scrub yang lembut dan oleskan ke wajah lalu ratakan dengan gerakan lembut memutar.

3. Tidak pakai masker Awalnya, menggunakan masker pembersih tampaknya seperti memperparah jerawat. Namun, masker ternyata bagus untuk membantu menyembuhkan jerawat dengan cepat.

4. Tak pernah pakai pelembab
Orang dengan kulit berminyak dan berjerawat cenderung melewatkan ritual memakai pelembab karena berpikir pelembab akan memperparah jerawat. Sejatinya pemilik wajah berminyak tetap perlu memakai pelembab, tapi mereka harus memilih produk yang noncomedogenic yang tidak akan menyumbat pori-pori.
sumber:kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More