Selasa, 19 Oktober 2010

"MENULIS CERITA YANG BAIK DAN KREATIF"

Terkadang kita tidak tahu harus memulai dari mana untuk menulis sebuah cerita atau sebuah konsep tentang kisah sesuatu,Dan hal ini akan menjadi sesuatu yang  sangat sulit untuk di lakukan.Berikut ini beberapa pendekatan yang sangat efektif dari saya untuk memulai sebuah tulisan dari konsep-konsep pemikiran original anda.

     Sebelum membuat suatu tulisan,Anda wajib mengusai sebuah jurus dasar,Jurus dasar itu adalah ASA(Apa yang akan kita tulis, Siapa yang akan membaca tulisan kita,dan Apa yang akan kita beritahukan melalui tulisan kita).hal ini bertujuan untuk menawarkan argumen atau pendapat balik dari pembaca anda.
     Anda dapat memulai memikikan sebuah konsep rencana di mulai dari hal-hal yang sangat sederhana.Bila anda menulis untuk menyapaikan sebuah ide,gagasan,cerita dan sebagainya,anda harus melakukannya dengan sebuah cara yang menarik dan baru,Alhasil para pembaca akan mengagumi tulisan anda,karna mendapat sebuah bacaan yang memuaskan.Berikut ini beberapa tips-tips yang harus di perhatikan.
  • Transportasi pembaca( transportasi reader),buat para pembaca agar seakan-akan terbawa langsung dari tempat mereka membaca ke dalam tulisan anda.Misalnya anda sedang menulis sebuah kejadian perang di sebuah planet,Maka pembaca akan membayangakan ketika membaca tulisan/cerita anda,Dia sedang menyaksikan langsung kejadian tersebut.Gunakan dialog dan deskripsi sedemikian rupa,sehinnga pembaca merasa ia bagian dari cerita itu.
  • Karakter yang di buat harus sedemikian rupa,hal ini berfungsi agar pembaca dapat mengidentifikasi dengan mudah.cacatan: jika anda menulis sebuah Biografi singkat,penting untuk mengetahui audiens anda dengan lengkap.Jadi anda telah mengetahui karakter-karakternya dengan baik sebelum memulai menulisnya.
  • Sederhana,peraturan ini berlaku untuk sebuah jenis tulisan,singkatnya kata ajaib dalam Prosa.Jika ada sebuah konsep yang sangat sulit untuk di jelaskan,maka tugas anda untuk menyajikannya menjadi bagian-bagian sederhana.catatan:usahakan kalimat pendek saja.Dont show off,jika anda mengusai tehnik tata bahasa baku yang baik dan benar,Jangan anda terlalu terapkan hal tersebut,karna sebagian pembaca mungkin tidak begitu mengerti dengan yang demikian,Kesederhanaan adalah poin penting dan cara terbaik untuk menulis sebuah cerita.
  • Tetap Fokus,Misalnya, Jika anda menulis tentang sebuah Pohon,Jangan berbicara tentang sebuah tiang listrik(he.he.he.key lanjut),Artinya tetap fokus pada planing awal anda,jangan sekali-kali keluar jalur.
  • Yang terpenting jangan terlalu mengandalkan pengolah data untuk melakukannya.Tetap gunakan otak anda sendiri,dan selalu konsultasi pada buku-buku tata bahasa dan ejaan.Semoga tips-tips ini dapat berguna bagi anda dan SELAMAT MENCOBA.....................................

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More